GUNUNG KENDIL yang KERDIL (bukit menoreh)

GUNUNG KENDIL yang KERDIL

GUNUNG KENDIL yang KERDIL (bukit menoreh)
Gerbang masuk menuju puncak Kendil
Kali ini ane pengen nulis tentang Gunung Kendil. Gunung atau yang lebih pantas bila disebut bukit ini, yang terletak di Desa Sidoharjo, kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Awalnya ane memang enggak niat buat kesini. Kebetulan saja melewati saat ane mau ke Puncak Suroloyo, yang letaknya tidak jauh dari Gunung Kendil. Karena terlihat menarik, jadi ane putuskan mampir setelah dari Puncak Suroloyo.



AKSES

"Gunung Kendil" ini, letaknya bersebelah dengan jalan beraspal. Jadi tidak terlalu sulit untuk menemukannya. Hanya saja bila dari jalan raya, sedikit susah karena untuk menuju ke tempat ini membutuhkan waktu setidaknya 40-60 menit dengan memakai motor. 

Selain itu, meskipun kondisi jalan yang sudah beraspal dari Jalan Raya, namun memiliki kontur yang naik turun, tak jarak juga menemui jalanan yang setelah turunan tajam disertai dengan belokan yang tajam. Ane saranin untuk tetap hati-hati. Terlebih bila musim hujan yang cenderung licin.

Untuk memasuki tempat ini, saat itu ane tak menemui tempat retribusi atau semacamnya alias GRATIS. Memang sengaja digratiskan ataukah sedang libur, ane sendiri nggak tahu. Jikapun ada, mungkin hari-hari berikutnya akan di mintai iuran parkiran saja.


TREK

Nah, untuk jalan menuju puncaknya sendiri, hanya memakan waktu paling lama 15 menit saja. Meskipun begitu, tetap ane saranin untuk selalu hati-hati.


GUNUNG KENDIL yang KERDIL (bukit menoreh)
Trek awal setelah memasuki gerbang
GUNUNG KENDIL yang KERDIL (bukit menoreh)
Jalan setapak menuju puncaknya.


Meskipun terbilang rendah, tapi pas sampai atas pemandangannya ternyata juga bagus lho. Bisa melihat kota magelang sekaligus kota Yogyakarta.

Cocok buat temen-temen yang memiliki keterbatasan waktu tapi berkeinginan untuk merasakan sensasi dingin disertai dengan suguhan pemadangan yang luas Asoy Geboy


GUNUNG KENDIL yang KERDIL (bukit menoreh)
view dari puncak.
Ane saranin buat yang jomblo yang ingin berkunjung kesini. 😁 kuat kan hati mu nak. Banyak godaan yang akan kalian temui saat di atas. hehehe.


***

Catatan Kecil ane.

  • Lebih baik menggunakan kendaraan bermotor daripada mobil. Jalannya cukup sempit dan ekstrim. naik turun berbelok-belok
  • JIka hujan, janga paksakan untuk naik karena diatas tidak tempat berteduh sama sekali. Satu-satunya tempat bertedu adalah di tempat parkiran saja.
  • Waktu yang tepat untuk ke sini, selain pagi atau nggak pas sore untuk mendapat hasil jepretan yang maksimal.

Jadi selamat piknik. Tetap hati-hati


anbusenja Seorang karyawan yang menyukai kegiatan menulis dengan tulisan garing.

Belum ada Komentar untuk "GUNUNG KENDIL yang KERDIL (bukit menoreh)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel